Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pola perkembangan dan pertumbuhan pada manusia

Pola perkembangan dan pertumbuhan pada manusia

POLA PERKEMBANGAN DAN PERTUMBUHAN

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pola pertumbuhan dan perkembangan, pola tersebut merupakan proses atau peristiwa yang terjadi selama berlangsungnya pertumbuhna dan perkembanan pada anak. Berikut ini beberapa pola yang terjadi dalam proses pertumbuhan dan perkembangan:

1. Pola perkembangan fisik yang terarah

Terdiri dari dua prinsip yaitu cephalcaudal dan proximal distal (Wong, 1995).
  • Cephalcaudal

Merupakan suatu pola pertumbuhan dan perkembangan yang dimulai atau terjadi pada anak pada bagian kepala yang ditandai dengan adanya perubahan pada ukuran kepala yang semakin membesar seiring bertambahnya usia, selanjutnya terjadi pula pada perkembangan kemampuan guna melakukan gerakan yang lebih cepat seperti menggelen-gelengkan kepalanya dan selanjutnya pola perkembangan dan pertumbuhan terjadi  ke bagian ekstremitas bawah lainnya seperti pada bagian lengan tangan dan juga pada kaki.
  • Proximal distal

Merupakan suatu pola pertumbuhan dan perkembanan yang dimulai dengan menggerakan bagian tubuh atau anggota gerak yang paling dekat dengan pusat atau sumbu tengah, seperti seorang anak yang menggerakan bahu dahulu baru kemudian menggerakkan jari-jari.


2. Pola perkembangan dari umum ke khusus

Merupakan pola pola pertumbuhan dan perkembangan yang biasanaya terjadi dan dimulai dengan menggerakan bagian tubuh yang lebih umum (sederhana) terlebih dahulu dan setelah itu menuju ke bagian tubuh yang lebih khusus (kompleks). Contohnya seorang anak yang malembai-lambaikan tangannya kemudian ia mulai memainkan jari-jemarinya.

Pola perkembangan dan pertumbuhan pada manusia

3. Pola perkembangan dipengaruhi oleh kematangan dan latihan belajar


Pola ini mencerminkan ciri khusus dalam setiap tahapan perkembangan yang dapat digunakan untuk mendeteksi dini perkembangan selanjutnya. Pada masa ini dibagi menjadi lima tahap yaitu:
  • Masa Pra lahir, terjadi pertumbuhan yang sangat cepat pada alat dan jaringan tubuh.
  • Masa Neonatal, pada periode bayi yang baru lahir ini lebih terfokus pada proses adaptasi atau penyesuaian sang bayi dengan kehidupan di luar rahim ibu dan dapat dikatakan sangat sedikit sekali aspek pertumbuhan fisik yang terjadi.
  • Masa bayi, terjadi perkembangan sesuai dengan lingkungan yang memepengaruhi-nya dan mempunyai banyak kemampuan untuk melindungi dan meghindari dari hal yang mngancam dirinya.
  • Masa anak, terjadi perkembangan yang cepat dalam aspek sifat, sikap, minat dan cara penyesuaian dengan lingkungan.
  • Masa remaja, terjadi perubahan kearah dewasa sehingga mengalami kematangan pada tanda-tanda pubertas.

Lihat juga: Bagaimana prinsip-prinsipdari perkembangan


Akan tiba waktunya pada tiap anak yakni saat-saat ia siap untuk menerima sesuatu dari luar untuk mencpaai proses kematangan dan kematangan yang dicapainya terebut dapat disempurnakan melalui rangsangan yang tepat (misalnya arahan atau bimbingan dari orang tua). Masa ini merupakan masa kritis yang harus dirangsang agar mencapai perkembangan selanjutnya melalui prose belajar.

Demikian pembahasan singkat mengenai pola-pola perkembangan dan pertumbuhan yang terjadi dalam kehidupan manusia, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat pada kalian yang sudah meluangkan waktu untuk membaca.


Untuk melihat video-video pembahasan Psikologi, Klik link dibawah ini

Berlangganan via Email