Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Gangguan Suasana Perasaan atau Gangguan Mood



Pada artikel ini akan membahas mengenai salah satu bidang pembahasan dalam psikologi yakni psikologi abnormal, abnormal merupakan suatu keadaan dimana keadaan tersebut tidak sesuai dengan nilai-nilai yang ada, menyimpang, tidak biasa, dan seterusnya. Keabnormalan itu sendiri timbul akibat dari beberapa faktor yang ada, baik eksternal seperti lingkungan, maupun internal seperti alasan biologis atau fisiologis, psikologis, maupun kognitif.

Adapun pembahasan perilaku yang tidak wajar adalah tentang gangguan perasaan, gangguan suasana perasaan merupakan keadaan abnormal sebab adanya gangguan yang mempengaruhi suasana perasaa penderitanya sehingga menghasilkan output perilaku yang bisa di kategorikan sebagai ketidak-biasaan.

Pengertian Gangguan Perasaan

Dalam hidup semua manusia memiliki perasaan yang berbeda-beda dalam setiap harinya. Seperti merasakan hal yang sedih, merasakan hal yang menyenangkan, merasakan hal yang memicu amarah, dan perasaan lainnya yang biasanya berlangsung sementara. 

Perasaan tersebut sering disebut dengan moodMood merupakan perpanjangan dari emosi yang berlangsung selama beberapa waktu, kadang-kadang beberapa jam, beberapa hari, atau bahkan, dalam beberapa kasus depresi terjadi selama beberapa bulan. Mood yang dialami dalam kehidupan manusia ini sedikit banyak akan berpengaruh kuat terhadap cara mereka dalam berinteraksi.



Mood adalah kondisi perasaan yang terus ada dan mewarnai kehidupan psikologis seseorang. Perasaan sedih atau depresi bukanlah yang abnormal dalam konteks peristiwa atau situasi yang penuh tekanan. Namun, orang dengan gangguan mood atau yang sering dikenali sebagai gangguan perasaan biasanya terlarut dalam suasana perasaannya dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga mengganggu kemampuan mereka untuk beraktivitas dalam memenuhi tanggung jawab secara normal. 


Pada diri manusia mood ini datang dan pergi, dan ketika itu terjadi biasanya setiap orang dapat mengatasinya dan kembali normal. Namun, kenyataannya tidak semudah itu, umumnya gangguan mood ini terjadi pada semua usia, ekspresi gangguan mood pada anak-anak bervariasi tergantung pada usia mereka. 

Mood yang dialami oleh seorang anak dapat menyebabkan bahaya apabila sang anak mendapatkan pengaruh stressor (sumber stres) sosial yang parah seperti percekcokan keluarga yang sudah parah, penyiksaan dan penelantaran, mengalami bullying atau kegagalan akademik.

Ganggguan mood yang terjadi pada seseorang ini umumnya terjadi karena banyaknya tekanan yang menimpa dirinya dan cenderung terlarut dalam tekanan dapat meningkatkan resiko berkembangnya gangguan mood yang kemudian dapat berubah menjadi depresi terutama depresi mayor. Hal ini terbukti pada suatu penelitian yang menemukan bahwa dalam sekitar empat dari lima kasus, depresi mayor diawali oleh peristiwa kehidupan yang penuh tekanan. 
Orang juga lebih cenderung untuk menjadi depresi bila mereka menanggung sendiri tanggung jawab dari peristiwa yang tidak diinginkan. 
Jika kita baca pengertian-pengertian diatas atau pendapat para ahli, dapat kita simpulkan jika gangguan mood ini merupakan suatu gejala yang dapat mengakibatkan perubahan suasana perasaan pada seseorang secara ekstrem dan dapat membuat seseorang yang mengalaminya  terlarut dalam suasana perasaannya bahkan dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga dapat mengganggu kemampuan mereka untuk beraktivitas dalam menjalani kehidupan secara normal.

1 komentar untuk "Gangguan Suasana Perasaan atau Gangguan Mood"

Berlangganan via Email