Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Memahami Definisi Gangguan Psikiatri Tidak Khas


Memahami Definisi Gangguan Psikiatri Tidak Khas

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai definisi dari gangguan psikiatri tidak khas, ada banyak sekali gangguan-gangguan psikologi yang dapat terjadi atau dialami oleh seseorang. Gangguan psikiatri ini memiliki gejala yang kompleks karena menyangkut beberapa kondisi pada seseorang. Untuk lebih jelasnya akan dibahas pada tulisan dibawah ini.

Pengantar

Tidak dapat dipungkiri jika perasaan cemas atau memiliki perasaan bersalah terkadang dialami oleh setiap orang, tak terkecuali ia yang keadaan mentalnya sehat atau stabil. Mereka masih bisa memiliki perasaan bersalah atau menderita kecemasan, akan tetapi yang membedakan ia dengan orang yang keadaan mentalnya tidak sehat atau tidak stabil adalah ia mampu mengontrol situasi supaya hal-hal tersebut tidak menguasai dirinya.


Masalah-masalah yang dihadapi dalam kesehariannya dapat ia hadapi dengan rasa percaya diri dan mampu untuk menyelesaikan masalah tersebut tanpa merasakan gangguan berarti mental atau psikisnya. Dengan kata lain, meskipun ia tidak bebas dari konflik dan emosinya tidak selalu stabil, namun ia dapat mempertahankan harga dirinya. Hal tersebut akan berbanding terbalik jika yang mengalami adalah seseorang yang keadaan mentalnya tidak sehat atau.

Di kota-kota besar, pembangunan-pembangunan sangat pesat terjadi, tak ketinggalan pula gaya hidup modernisasi serta dunia industri yang akhirnya membuat semakin kompleksnya struktur masyarakat yang ada. Namun hal tersebut tentunya akan memunculkan permasalahan-permasalahan yang kompleks pula yang berkaitan dengan kondisi mental ataupun sosial masyarakat.

Makin banyaklah warga masyarakat yang tidak mampu melakukan penyesuaian diri dengan cepat terhadap macam-macam perubahan sosial. Mereka itu mengalami banyak frustasi, konflik-konflik terbuka/eksternal dan internal, ketegangan batin dan menderita gangguan mental. Salah satu penggolongan atau klasifikasi dari gangguan mental adalah retardasi mental atau biasa disebut juga dengan istilah tuna grahita.


Tuna grahita sendiri merupakan istilah yang dipakai dalam penyebutan terhadap anak atau orang yang kemampuan intelektualnya bearda dibawah rata-rata. Tuna grahita adalah kata lain dari cacat mental. Adapaun permasalahan yang dialami anak Tuna grahita meliputi keterbatasan dalam hal berfikir, memiliki kemampuan berfikir yang rendah, mempunyai atensi atau perhatian dan daya ingat yang rendah, senang sekali berfikir abstrak serta kurang mampu berfikir logis.


Definisi Gangguan Psikiatri Tidak Khas

Pengertian dari gangguan psikiatri tidak khas adalah sebuah keadaan yang dialami seseorang dimana ia menderita gangguan dalam pikiran, perilaku, dan perasaan yang kemudian dimanifestasikan dalam bentuk sekumpulan gejala dimana dampaknya dapat menyebabkan penderitaan atau hambatan bagi seseorang dalam menjalankan fungsinya sebagai manusia yang seharusnya.

Memahami Definisi Gangguan Psikiatri Tidak Khas

Atau keadaan dimana seseorang mengalami kesultan mengenai persepsinya tentang kehidupan, hubungan dengan orang lain, dan sikapnya terhadap dirinya sendiri. Gangguan psikiatri tidak khas ini didefinisikan sebagai gangguan dengan kombinasi afektif, perilaku, komponen kognitif atau persepsi yang memiliki kaitan dengan fungsi tertentu didalam bagian otak atau sistem saraf yang mengoperasikan fungsi-fungsi sosial manusia.


Pola psikologis atau perilaku yang pada umumnya memiliki hubungan dengan stres ataupun gangguan pada mental yang tidak dianggap sebagai bagian dari perkembangan normal dari manusia. DSM-IV mendefinisikan beberapa macam gangguan psikiatrik yang dapat diidentifikasi (meskipun terdapat kemungkinan gangguan tersebut tumpang tindih).

Gangguan ini pada dasarnya tidak memiliki perbedaan secara fundamental dengan ganguan neuropsikologis karena tetap melibatkan adanya gangguan di otak meskipun lebih banyak dipengaruhi oleh pengalaman-pengalaman psikologis misalnya stres.

Karena kompleksitas dan variabilitasnya, gangguan-gangguan psikiatri sulit didiagnosis. Dalam mendiagnosa seseorang apakah mengalami gangguan ini maka haruslah dilihat dahulu apakah orang tersebut berada dalam keadaan ekstrem yang normal atau ia memiliki kondisipatologis.

Itulah pembahasan mengenai definisi gangguan psikiatri tidak khas yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat meskipun mungkin tidak terlalu banyak. Jika ada yang ingin disampaikan atau ditanyakan bisa tulis dikolom komentar dibawah : )


Referensi buku bacaan

Pinel John, 2015, Biopsikologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Oltmanns Thomas F, Emery Robert E, 2013, Psikologi Abnormal, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Thomb A David, 2003, Buku Saku Psikiatri, Jakarta: Buku Kedokteran EGC
Robertson. K.C, 2002, At A Glance Psikiatri, Jakarta: Erlangga

Posting Komentar untuk "Memahami Definisi Gangguan Psikiatri Tidak Khas"

Ikuti via email