Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Memahami Definisi dari Persepsi

Memahami Definisi dari Persepsi

Pada kesempatan kali ini, akan membahas mengenai Definisi dari persepsi. Tentu kata ini sidah tidak asing lagi di telinga kita, sering sekali kita mendengar kalimat “Orang bebas mempersepsikan seperti apa”. Jadi, sebenarnya makna atau arti dari kata persepsi itu apa sih? Simak baik-baik penjelasan di bawah ini.

Persepsi merupakan kejadian-kejadian sensorik yang diterima oleh alat indera yang diproses sesuai pengetahuan yang kita miliki tentang dunia, budaya, bahkan orang yang bersama kita saat itu. Persepsi ini melibatkan kognisi tingkat tinggi dalam menginterpretasi informasi sensorik terhadap hal-hal yang kita indera. Proses mendeteksi sebuah stimulus disebut sebagai persepsi, makna ini dikonstruksikan berdasarkan representasi fisik yang ada dengan pengetahuan yang sudah kita miliki.

Sebagai contoh, perhatikan simbol 4, bila ditanya, itu huruf apa? kita mungkin akan menjawab bahwa itu huruf A, namun bila kita ditanya itu angka berapa? kita akan menjawab bahwa itu angka 4. Tanda-tanda aktualnya tetap sama, namun maknanya berubah sesuai harapan kita untuk mengenali sebuah huruf atau angka. Bagi seseorang yang tidak memiliki pengetahuan yang sesuai untuk mempersepsi sebuah huruf atau sebuah angka. Simbol itu mungkin tidak ada artinya (Smith, 1975, dalam Woolfolk, 2008).

Bagaimana kita dapat memahami persepsi? ini salah satunya dapat dilakukan berdasarkan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para psikolog yang disebut sebagai pakar teori Gestalt. Gestalt memiliki arti “pola” atau 'konfigurasi'. Dalam bahasa Jerman untuk memahami Gestalt mengacu pada kecenderungan orang untuk mengorganisasikan informasi sensorik menjadi pola atau hubungan.

Memahami Definisi dari Persepsi

Misalnya mempersepsi kepingan-kepingan atau potongan-potongan informasi yang tidak berhubungan. Dalam hal tersebut kita biasanya mempersepsi keseluruhan yang terorganisasi dan bermakna. Untuk aspek-aspek persepsi tertentu, prinsip-prinsip Gestalt merupakan penjelasan yang masuk akal. Ada dua macam penjelasan dalam teori pemrosesan informasi mengenai bagaimana kita mengenali pola dan memberikan empat makna pada peristiwa sensorik.

Pertama disebut sebagai feature analysis (analisis fitur/ciri) atau bottom up processing (pemrosesan dari bawah ke atas) karena stimulus harus dianalisis menjadi komponen-komponen dan dirakit menjadi sebuah pola yang bermakna 'dari bawah ke atas'. Sebagai permisalan, huruf A terdiri atas dua garis yang relatif lurus yang bergabung dengan sudut 45 derajat dan sebuah garis horizontal di tengah kedua garis itu.

Bila melihat komponen-komponen ini, atau apa pun yang hampir mendekati seperti A A A dan A, kita mengenali sebuah A. Hal ini menjelaskan bagaimana kita mampu membaca kata-kata yang ditulis tangan oleh orang Iain. Kita juga memiliki sebuah prototjpe (contoh terbaik atau kasus klasik) huruf A yang tersimpan di ingatan untuk digunakan bersama berbagai fitur untuk membantu kita mendeteksi huruf A.

Baca Juga: Prinsip dan Faktor yangMempengaruhi Persepsi Seseorang

Bila semua persepsi hanya bersandar pada analisis cara dan prototipe, maka proses belajar akan sangat Iamban. Untungnya, manusia memiliki kemampuan untuk mempersepsi berdasarkan pengetahuan dan harapan, yang disebut top down processing (pemrosesan dari atas ke bawah).

Untuk mengenali pola dengan cepat, selain memperhatikan ciri-ciri, kita juga menggunakan apa  yang sudah kita ketahui tentang situasi itu, seperti apa yang kita ketahui tentang kata-kata atau gambar-gambar atau cara dunia pada umumnya beroperasi.

Sebagai contoh, kita tidak akan pernah melihat tanda-tanda sebagai huruf A., bila kita belum memiliki pengetahuan tentang abjad. Jadi apa yang kita ketahui memengaruhi apa  yang dapat kita persepsi.

Itulah pembahasan singkat mengenai definisi dari persepsi. Bagaimana? Apakah sekarang anda sudah paham arti dari persepsi atau masih bingung?, jika masih bingung bisa di tanyakan di kolom komentar di bawah ini. Semoga pembahasan di atas dapat memberikan manfaat bagi saya dan bagi anda yang telah membaca. Terimakasih : )

4 komentar untuk "Memahami Definisi dari Persepsi"

  1. Makasih pemahamannya terkait persepsi.

    BalasHapus
  2. Menarik Dan Bermanfaat, jadi pengen Lebih mengetahui dunia psikologi

    BalasHapus
  3. ya ilmu psikologi itu menarik, apalagi psikologi ada di tiap lini kehidupan seseorang.

    BalasHapus

Berlangganan via Email