Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

8 Tips Meningkatkan Self Acceptance dan Bangga Menjadi Diri Sendiri

Cara meningkatkan self acceptance

Initentangpsikologi.com - Jadi bagaimana sih caranya meningkatkan self acceptance kita? Sudah tahu belum sih self acceptance itu apa? Jadi self acceptance itu adalah suatu bentuk penerimaan diri kita atas kelebihan dan kekurangan yang kita miliki tanpa syarat.


Jadi misalnya seperti ini; pernah tidak sih kalian itu merasa bahwa diri kalian itu tidak mempunyai apa-apa, merasa tidak mempunyai potensi apa-apa, merasa tidak memiliki skill apapun, merasa tidak mempunyai kelebihan apapun dan rasanya di dalam diri kalian itu banyak sekali kekurangannya dibandingkan dengan kelebihannya.  

Pada akhirnya hal-hal tersebut yang bisa membuat diri kalian itu minder dengan orang lain. Pernah tidak sih kalian merasa seperti itu? Ya memang pada dasarnya setiap individu akan cenderung membandingkan kelemahan yang ada di dalam dirinya dengan kelebihan yang orang lain miliki, rasanya saya pun pernah melakukan itu.  

Misalnya nih ya ketika melihat orang lain, didalam hati kita berucap “Hmmm, dia kok cantik banget ya! Dia kok ganteng banget ya! Udah mah kaya, pintar dan disukai banyak orang lagi! Semetara saya pinter nggak, kayak nggak, cantik atau ganteng juga nggak.” Nah, pernah tidak sih kalian merasa seperti itu? Kalau kalian pernah berarti harus segera dirubah cara berpikir kalian, kenapa?  

Kalau kita membandingkan kelemahan kita dengan kelebihan yang orang lain punya tentu saja itu tidak adil ya, seharusnya kalau kekurangan ya dibandingkan dengan kekurangan, kelebihan dibandingkan dengan kelebihan.  

Kesalahan inilah yang biasanya membuat orang itu merasa minder atau kurang percaya diri, karena yang dibandingkan itu kekurangan dirinya dengan kelebihan yang orang lain miliki, kalau kalian merasa seperti itu artinya self acceptance kalian atau penerimaan terhadap diri itu masih kurang.  

Nah maka dari itu dalam pembahasan kali ini  saya ingin mengajak teman-teman buat sharing bagaimana sih caranya agar kita itu bisa meningkatkan our self Acceptance, supaya kita itu lebih bisa menerima diri kita dengan apa adanya. 

Baca Juga: Norma-norma Kelompok Sosial

Be Kind to Yourself

Bersikap baik pada diri sendiri
Pexels.com
Baik, yang pertama adalah be kind to yourself atau bersikap baiklah pada dirimu sendiri. Maksudnya gini teman-teman, sudah waktunya kamu lah yang berhak menilai diri kamu sendiri dan tidak ada satu orang pun yang berhak menilai diri kamu itu seperti apa? mau bagaimana?
 
Jika ada orang yang mengkritik kamu cukup itu jadikan bahan introspeksi diri kamu buat mengembangkan potensi diri, bukan malah justru merendahkan diri kamu dan pada akhirnya kamu terpuruk dengan kritikan itu, “and finally you cannot increase yourself. Oke, mulai dari sekarang cobalah untuk bisa be kind to yourself and accept all of your flaws anythink that jadi terimalah segala ketidak sempurnaan apapun itu. 

Confront Your Fears

Hadapi rasa takutmu
Pexels.com
Kemudian yang kedua adalah confront your fears atau hadapi rasa takutmu. Contohnya seperti ini, pasti setiap orang itu punya pengalaman buruk begitupun juga kamu, pasti punya pengalaman buruk itu, misalnya saat kamu public speaking atau saat presentasi tiba-tiba kamu lupa teksnya dan itu membuat kamu malu banget di hadapan publik. 

Sehingga di kemudian hari kamu takut untuk public speaking lagi karena kamu punya pengalaman buruk itu. Oke, mulai dari sekarang cobalah untuk bangkit hadapi ketakutan itu, jangan biarkan diri kamu itu terjebak dalam ketakutan tersebut, cobalah membuat suatu perubahan dari pengalaman buruk kamu itu.  

Jadikan pengalaman buruk sebagai bahan introspeksi apa yang harus diperbaiki? apa yang salah dalam diri kamu? dan itu harus kamu perbaiki dan kamu kembangkan! Dengan cara itu kamu bisa menghadapi ketakutan-ketakutan dari pengalaman buruk kamu. Pada akhirnya kamu lebih bisa menerima diri kamu ya.

Baca Juga: Faktor-faktor yang dapat Mempengaruhi Interaksi Sosial

Stay Positive

Stay positive
Pexels.com
Kemudian yang ketiga adalah stay positive atau tetaplah untuk berpikir positif. Nah, maksudnya gini ya! Surround yourself with goodness artinya kelilingilah diri kamu dengan berbagai macam hal-hal yang positif, pada akhirnya kamu bisa tetap stay positive dan tidak ada pikiran-pikiran negatif yang membebanimu.  

Caranya bagaimana agar tetap berpikiran positif? Seperti yang sudah disebutkan diatas ya, kelilingi diri kamu dengan hal-hal positif, misalnya nih dengan mendengarkan podcast atau video-video inspiratif ataupun motivasi di YouTube. 

Bisa juga dengan cara memberikan afirmasi positif bagi diri kamu, misalnya dengan membuat quotes yang manis untuk diri sendiri yang bisa memberikan semangat untuk bisa beraktivitas atau menjalani hidup kamu.  

Kata-kata positif ini akan membuat kamu lebih bisa menerima diri kamu, misalnya saat kamu menghadapi hal buruk misalkan seperti diatas tadi lupa teks saat presentasi, kamu membuat afirmasi pada diri sendiri dengn mengatakan “It’s oke, manusia memang tak luput dari lupa jadi itu wajar, kamu sudah hebat kok berani tampil didepan orang banyak, kedepannya pasti kamu akan lebih baik lagi! Semangat ya.”

Accept Your Imperfections

Menerima segala kekurangan
Pexels.com
Kemudian yang ke empat nih accept your imperfections, jadi terimalah segala ketidak sempurnaan yang kamu miliki. Mau seperti apa tampang kamu? Mau bagaimana penampilannya? ya sudah tidak apa-apa! Terima lah dan hargai diri kamu, percayalah bahwa Tuhan itu tidak hanya menciptakan kelemahan saja tetapi juga kelebihan.  

Hanya saja kamu tidak menyadari itu, begitu pula dengan orang yang kamu anggap punya banyak kelebihan, yang kamu anggap keren, yang kamu anggap dia punya potensi banyak, seakan-akan dia sempurna.  

Percayalah dia juga punya kekurangan kok, hanya saja kamu tidak tahu hal itu, bisa jadi pula ya nih kelebihan yang ada di dalam diri kamu itu justru tidak dimiliki oleh orang lain yang menurut kamu sempurna tadi. Maka dari itu cobalah untuk menerima segala ketidak-sempurnaan yang kamu miliki, and believe that you also have many strengths like others. 

Baca Juga: Perkembangan Fisik dan Psikis pada Masa Remaja

Don't Take it Personally

Oke, selanjutnya yang kelima untuk meningkatkan aware self acceptence adalah don't take it personally artinya jangan mengambil apapun yang masuk didalam diri kita secara pribadi.
Misalnya seperti ini, ketika ada orang yang memberikan kritikan kepada kamu terus kamu merasa tersinggung atau bahkan kamu merasa terpuruk atas kritikan tersebut.

Mulai saat ini cobalah untuk memberanikan diri untuk bertanya pada orang yang mengkritik kamu itu! tanyakan apa yang harus diperbaiki dalam diri kamu dan dengan cara itu bisa menjadi bahan introspeksi juga untuk diri kamu. Apa yang harus diperbaiki? dan kamu lebih bisa menerima dengan adanya kritikan-kritikan tersebut dari luar.   

Baca Juga: 10 Tahap atau Periode Perkembangan Manusia

Forgive

Kemudian yang ke 6 adalah forgive atau memberikan Maaf. Yuk kita belajar untuk bisa memaafkan orang lain, terutama lagi memaafkan diri kita. Belajarlah memaafkan diri kamu jika selama ini kamu belum bisa menerima diri kamu, kamu belum bisa menerima dan menghargai segala kekurangan yang kamu miliki. Maafkan diri kamu Jika kamu belum bisa menerima ketidak sempurnaan-mu, dengan cara itu kamu tidak mudah minder dengan apa yang ada di dalam diri kamu.

Believe in Yourself

Believe in Yourself
Pexels.com
 
Kemudian yang ketujuh adalah believe in yourself atau percaya bahwa diri kamu itu bisa melakukan itu, percaya bahwa diri kamu itu mampu, percaya bahwa diri kamu itu punya kelebihan, dan percaya bahwa diri kamu itu bisa mencapai goal yang akan kamu tuju. 
Yakin aja bahwa diri kamu itu mampu melakukan apapun itu, karena pada dasarnya kamu mempunya kelebihan. 

Kamu adalah sosok yang kuat yang bisa menghadapi segala rintangan dalam mencapai goal atau bahkan yakin kan diri kamu bahwasannya kamu punya kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain, dengan itu kamu tidak minder lagi, kamu lebih bisa menerima diri kamu apa adanya. 

Don't Give Up

Kemudian yang terakhir adalah don’t give up no matter what atau jangan pernah menyerah pada apapun itu, mau kamu gagal berapa kali! atau mau berapa banyak orang yang menghina kamu dengan segala keterbatasan yang kamu miliki! mau Kamu nggak cantik! mau kamu nggak ganteng! mau kamu nggak kaya! mau kamu enggak pintar! dan banyak orang yang menilai diri kamu seperti itu. 

Jangan pernah menyerah untuk terus bangkit, jangan pernah menyerah untuk terus membangun diri kamu menjadi lebih baik. Karena seperti ini, coba bayangkan bahwa diri kamu itu adalah sosok yang berharga, kamu juga berhak mendapatkan kebahagiaan. 

Kamu punya berbagai macam kelebihan, segala macam kelebihan yang itu tidak dimiliki oleh orang lain. Maka dari itu don't give up on what you did dan percayalah diri bahwa kamu itu bisa melakukannya. 

Baiklah itu tadi 8 tips buat diri kita agar kita bisa meng-increase self acceptance kita agar bisa lebih menerima segala kekurangan dan kelebihan yang kita miliki. Supaya kita tidak mudah merasa minder! supaya kita bisa ngembangin diri kita menjadi lebih baik lagi.

Banggalah menjadi diri sendiri!

Kamu bisa mendengarkan podcastnya di Spotify atau platform podcast lainnya! Dengarkan di podcast Obrolan Seru.

Narasi oleh: Ummi Latifah Fitria Hamdan

Posting Komentar untuk "8 Tips Meningkatkan Self Acceptance dan Bangga Menjadi Diri Sendiri"

Berlangganan via Email