Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Agar Email Lamaran Kerjamu dilirik HRD

Initentangpsikologi.com - Saat ini perkembangan teknologi semakin pesat, imbasnya dunia pekerjaan pun mengalami sedikit perubahan, salah satunya dalam hal recruitment karyawan.

Jika sebelumnya surat lamaran kerja ditulis tangan kemudian dikirim langsung ke alamat kantornya, sekarang lebih dimudahkan lagi karena bisa mengirim lewat email saja. 

Tips Agar Email Lamaran Kerjamu dilirik HRD
pexels.com

Barulah nanti saat tahap wawancara atau interview maka calon karywan diminta datang langsung ke kantor, ya meskipun ada juga yang melakukan wawancara via video conference misalnya. Apalagi dengan kondisi sekarang ini!

Berkaitan dengan mengirim lamaran melalui email, seringkali banyak calon pekerja yang mengirim berkas-berkas dan surat lamaran kerja dengan asal-asalan saja, padahal yang mengirim email jumlahnya mungkin bisa ribuan. 

Oleh karenanya kamu perlu memperhatikan bagaimana cara mengirim berkas cv dan surat lamaran kerja dengan benar.

File Berkas CV dan Surat Lamaran Jangan dipisah

Nah ini nih yang kadang kurang diperhatikan! Banyak para pelamar kerja yang mengirim email kemudian berkas-berkas serta surat lamaran filenya dipisah. Jika ada syarat mengirim KTP, Ijazah, portofolio, dan lainnya maka gabungkan semua syarat dalam satu file pdf saja! Ini sangat penting!

Kadangkala yang menjadi masalah adalah ketidak-tahuan cara menggabung file pdf ini, kemudian malas mencari tahu akhirnya kirim seadanya. Nih saya beri rujukan aplikasi atau situs yang bisa kamu gunakan untuk menyatukan semua berkas menjadi 1 file pdf.


Nah, selain untuk menggabungkan beberapa file menjadi satu, aplikasi diatas bisa kamu gunakan untuk mengkompres ukuran file menjadi lebih kecil lagi. Karena dalam mengirim berkas lamaran kerja seringkali ada ketentuan minimal ukuran file 2 mb misalnya.

Selanjutnya pastikan file yang kamu kirim tetap dalam format pdf, tidak usah dijadikan zip atau rar karena lebih ribet lagi nantinya. 

Tips Agar Email Lamaran Kerjamu dilirik HRD
pexels.com

Ya intinya apa sih? Jangan menyulitkan HRD dalam memeriksa lamaran kerja yang kamu kirimkan, karena kembali lagi bahwa lamaran yang masuk bisa sampai ribuan.

Jadi, permudah HRD dengan cara men-download satu file yang kamu kirimkan saja!

Berkas Harus Tersusun Rapi

Maksud dari rapi disini bukan bapaknya Rafathar ya, hehehe itumah raffi. Jadi, usahakan menyusun dari berkas yang menjadi prioritas persyaratan melamar kerja. Misalnnya seperti dibawah ini:

1. Foto dan KTP
2. CV atau daftar riwayat hidup
3. Surat lamaran
4. Ijazah
5. SKCK
6. Portofolio jika ada
7. Surat keterangan sehat
8. Berkas lainnya seperti sertifikat

Itu hanya contoh saja ya, karena tidak ada aturan baku mengenai susunannya seperti apa. Ya, kecuali didalam pemberitahuan lowongan kerja sudah dijelaskan urutan pelampiran berkasnya berarti harus disesuaikan, tapi kasusnya jarang recruitment sampai se-detail itu.

Perhatikan Persyaratan yang diharuskan

Tips Agar Email Lamaran Kerjamu dilirik HRD
pexels.com

Dalam setiap recruitment pekerja tentu ada kualifikasi yang ditentutak pihak perusahaan, persyaratan awal ini tujuannya untuk memudahkan proses seleksi ke tahap selanjutnya yaitu wawancara. 

Bahkan persyaratan ini bisa juga menjadi patokan mutlak yang artinya langsung menjadi karyawan tanpa seleksi lanjutan. Oleh karena itu, perhatikan se-detail mungkin apa saja persyaratannya, biasanya ada syarat utama dan tambahan jika ada. 

Nah, jika kamu sudah tahu persyaratannya maka cukup penuhi yang diperlukan saja, jangan melampirkan yang tidak-tidak ya, misal mencantumkan hobi, kesukaan warna atau apalah! jangan promosi akun ig juga, hehehe, lagian cuma HRD doang kan yang liat lamaran kamu dan itu juga kalo dibuka, hmmmm.


Ok, itulah kurang lebih tips sederhana agar HRD tertarik melihat kiriman email lamaran kerjamu. Tentunya ini hanya sebagian tips kecil saja, masih banyak tips lain yang perlu diperhatikan juga.

Yang jelas, jangan menyerah jika kamu apply lamaran kerja, mungkin butuh puluhan bahkan ratusan kali baru ada yang diterima. Jadi, kalau baru satu - dua ditolak terus nyerah bagaimana nanti saat kerja dihadapkan dengan tugas-tugas yang menantang? Masa iya langsung resign?

18 komentar untuk "Tips Agar Email Lamaran Kerjamu dilirik HRD"

  1. Pdf2go masih saya gunakan ketika sudah bekerja bukan ketika melamar kerja aja sich..banyak membantu buat saya. . Hehehe

    BalasHapus
  2. Kalau aku biasanya pakai smallpdf untuk convert file dari pdf ke word dan sebagainya. Tipsnya berguna nih mbak untuk para pencari kerja

    BalasHapus
  3. Efektif sekarang kalo mau buat lamaran pekerjaan. Ohya, pake smallpdf juga bisa ngompress file pdf yg terlalu besar. Karena Kalo file nya terlalu besar dan berat, kadang juga bikin ogah untuk melirik apalagi mendownload nya

    BalasHapus
  4. Wah informasi yang bagus nih. Sangat bermanfaat bagi mereka yang sekarang mencari kerja melalui email. Jadi memang harus diperhatikan benar ya susunannya dan utamanya jangan sampai mempersulit hdr saat mengunduh data kita.

    BalasHapus
  5. Informasi penting nih wajib di simpan ke bookmark, apalagi untuk saya yang belum pernah melamar kerja secara online. Terimakasih infonya kak

    BalasHapus
  6. Aduh, jadi ingat zaman-zaman awal 2010-2011 dulu. Nyari kerja lebih mudah karena semua berkas bisa dikirim online.

    BalasHapus
  7. Nice info gan. Sekarang saya jadi tau dimana letak kesalahan saya kenapa banyak lamaran yang saya kirimkan namun tak kunjung ada balasan.

    BalasHapus
  8. Aku buta sama hal hal macam ini. Hehehe. Tapi aku pakai aplikasi smallpdf juga. Tambahan informasi soal lowkernya bisa disharingkan jg nih buat adek yg lagi cari kerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap, udah ada pikiran juga si buat share soal loker ini. Kebetulan ada sumber yang cukup update share lowongan kerja di sosial media.

      Hapus
  9. Aku masih nih pakai smal pdf, untuk laporan kinerja. Bukti-bukti kan hrs dilampirkan. Iya, kadang kalo email lamaran, yg menyertakan portofolio, kalo file kegede-an, bisa-bisa direject deh.

    BalasHapus
  10. Wah, kebetulan teman ku lagi nyari kerja. Tipsnya bermanfaat banget.

    BalasHapus
  11. Smallpdf dan PdfCompressor sering pake saya Mbak, buat mengkompilasi file saat pelaporan kinerja dosen hehe... tp P2fgo.com ini belum, makasih rekomnya ya Mbak Riska.

    BalasHapus
  12. Selama ini memang belum pernah nyoba lamar lagi pekerjaan. Tapi dulu pertama kali kerja itu via bursa kerja online, jadi semua berkas diupload. Jadi memang penting sekali menyiapkan file-file pdf dan lain-lain

    BalasHapus
  13. wah lengkap sekali infonya kak..kebetulan ada ponakan baru lulus kuliah..nanti sy share sama dia ttg artikel ini bermanfaat bngt nih untuk fresh graduate..terima kasih sdh sharing..

    BalasHapus
  14. Makasih tipsnye, saya juga lagi nyari2 kerjaan. Bikin CV nya lewat Canva, lebih praktis dan template lumayan beragam. Bikin CV juga kudu menarik dan to the point ya,

    BalasHapus
  15. Nah info ini harus di cataet dan di bukmar.

    Banyak sekali yang (sembrono) dalam membuat dan mengirim cv melalui email.

    BalasHapus
  16. semakin menariknya CV kita karena sudah canggih semakin berpeluang besar untuk lolos diterima hehe

    BalasHapus
  17. Nemu artikel ini kayak bersyukur banget saya. soalnya dulu sempat kebingungan bikin CV yang bagus gimana saat mau melamar kerja. skrg sih udah gak ngelamar kerja lagi.krn udah gak ngantor. nulis aja di rumah. tapi bisa jadi rekomdasi buat adik atau saudara yang mau melamar kerja. makasih ya kak.

    BalasHapus

Berlangganan via Email