Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Konseling Ke Psikolog Itu Seperti Apa Sih?

Initentangpsikologi.com - Mungkin banyak banget ya orang-orang yang masih bingung. Bingung kenapa? Bingung kira-kira apa sih hal pertama yang harus dikatakan saat bertemu atau konseling dengan psikolog atau psikiater.


Sebenarnya bertemu dengan profesional itu tidak serumit yang dibayangkan, ya namanya juga profesional kan, hehehe. Percayalah, ketika kamu bertemu dengan ahlinya ahli (profesional) kamu tidak perlu bingung cerita dari bagian yang mana dulu. Ngomong aja udah! Sengelantur apapun didengerin kok :)

Konseling Ke Psikolog
Ilustrasi konseling (pexels.com)

Karena saya jamin nih ya! dari awal kamu membuka mulut untuk bercerita, untuk memulai konseling dengan psikolog, rasanya jadi ngga pengen berhenti karena terasa nyaman banget. Karena pada dasarnya kamu sedang bercerita kepada orang yang tepat.

Coba aja dibayangin, kamu sedang ngobrol sama orang yan bisa menerima kamu tanpa men-judge dengan apapun masalah yang kamu hadapi (penerimaan tanpa syarat). Kurang enak apa coba?

Nah, kalau kamu bingung mau konsultasi ke psikolog via apa, tenang saja! Sekarang ini sudah ada beberapa layanan yang mungkin bisa kamu coba, ya idealnya koseling ini dilakukan tatap muka dengan cara bertemu langsung ya. Tapi seiring perkembangan jaman muncul alternatif lain yang bisa kamu coba.

Konseling Via Chatting

Nah yang pertama ada metode konseling via chat, sekarang sudah banyak platform psikologi penyedia layanan seperti ini. Seperti riliv, satu persen, atau bunda.id, apdc, dan masih banyak lainnya. Untuk konsultasinya sendiri ada yang berbayar ada pula yang gratis.

Nih, kalau kamu ingin mencoba konsultasi gratis melalui chatting bisa melalui LINE dari bunda.id, linknya berikut ini, (http://bit.ly/ibundaLINE) untuk jam operasionalnya sendiri mulai dari pukul 16.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB. Karena yang curhat cukup banyak, jadi mohon ditunggu ya responnya, yang jelas akan dibalas semua curhatan yang masuk :)

Konseling Via Telepon atau Video Call

Konseling Ke Psikolog
Ilustrasi konseling via video call (pexels.com)

Kemudian yang kedua konseling ke psikolog via telepon, banyak nih lembaga konsultasi yang menyediakan layanan gratis atau berbayar, tapi kalo udah ngobrol rata-rata ya berbayar sih, kalaupun gratis mungkin terbatas berapa sesi gitu. Ya tidak apa-apa keluar uang asalkan kamu bisa cerita kepada orang yang tepat, dengan begitu permasalahan yang sedang kamu hadapi dapat segera terselesaikan.

Karena cerita masalah gini ngga bisa ke sembarang orang, bahkan teman terdekat sekalipun belum tentu bisa merahasiakan masalah serta memberikan solusi atas masalah yang dihadapi. Jika certia sama psikolog disana ada kode etik yang mana permasalahan klien sangat dijaga kerahasiaannya.

Konseling Langsung

Untuk opsi konseling ke psikolog terakhir ini yang paling umum dilakukan dan sebenarnya paling ideal si, karena dengan bertemu langsung seorang psikolog bisa melihat mimik muka serta gestur tubuh juga. 

Opsi Lainnya

Memulai bercerita mengenai masalah apalagi yang benar-benar private memang tidak mudah, meskipun cerita kepada profesional sekalipun. Oleh karenanya jika belum yakin untuk konsultasi ke Psikolog? Tenang, masih banyak media lain yang mungkin lebih pas buat kamu.

Kalau di Bunda.id ada media yang bernama Insight Me, ini merupakan tempat buat kamu untuk lebih mengenal diri, mengembangkan kemampuan problem solving, juga mengenal banyak hal seputar kesehatan mental lainnyal.

Selain itu, ada beberapa tema Insight Me yang menarik di antaranya: Quarter Life Crisis, Broken Home, Introvert, Stres Kerja, Self Harm dan banyak lagi tema lainnya. Jika kamu berminat silahkan bisa berkunjung ke: http://insightme.ibunda.id

Oke, itu saja yang bisa saya sampaikan berkatian dengan konseling ke psikolog, ya intinya letakkan sesuatu pada tempatnya ya. Kalau mau konsultasi ya harus ke orang yang tepat seperti psikolog atau psikiater.

Posting Komentar untuk "Konseling Ke Psikolog Itu Seperti Apa Sih?"

Berlangganan via Email