Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Sakit Dan Penyakit Gangguan Fungsi Psikis

Initentangpsikologi.com - Gangguan jiwa adalah suatu perubahan pada fungsi jiwa yang menyebabkan adanya gangguan pada fungsi jiwa, yang menimbulkan penderitaan pada individu dan atau hambatan dalam melaksanakan peranan sosial.

American Psychiatric Association (Videbeck, 2008) mendefinisikan gangguan jiwa sebagai suatu pola psikologis atau perilaku yang penting secara klinis yang terjadi pada seseorang dan dikaitkan dengan adanya stress atau disabilitas (yaitu kerusakan pada satu atau lebih area yang penting) atau disertai peningkatan resiko kematian yang menyakitkan, nyeri, disabilitas atau kehilangan kebebasan yang sangat.

Definisi Sakit
Ilustrasi Orang Sedang Sedih/Stres (pexels.com)

Gangguan kesehatan jiwa merupakan sindrom, pola perilaku atau kondisi psikologi seseorang yang secara klinik cukup bermakna dan secara khas berkaitan dengan suatu gejala (distress, impairment, atau disability) di dalam satu atau lebih fungsinya dalam segi perilaku psikologis atau biologi atau gangguan jiwa dalam hubungan antara orang itu dengan masyarakat.

Setiap orang berpotensi mengalami gangguan kesehatan jiwa yang salah satu faktor risikonya adalah penyakit fisik yang bersifat kronis sepanjang berinteraksi dengan lingkungan dan terus terlibat dalam kemajuan zaman.

Pasien dengan penyakit fisik yang serius mempunyai gangguan psikiatri sedikitnya dua kali lipat dibanding populasi umum. Semua pasien rawat inap dan rawat jalan di rumah sakit sebanyak 20 - 40% mengalami gangguan psikiatri.

Penyakit jantung, stroke, kanker dan penyakit kronis lainnya sering dianggap menjadi masalah kesehatan masyarakat hanya untuk negara-negara berpenghasilan tinggi padahal sebetulnya tidak.

Pada kenyataannya, hanya 20% dari kematian penyakit kronis terjadi di negara berpenghasilan tinggi, sementara 80% terjadi di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah yang menjadi sebagian besar keberadaan penduduk dunia.

Baca Juga: Gangguan Emosional - Gangguan Pada Fungsi Perasaan

Definisi Penyakit

Definisi Penyakit
Ilustrasi Orang Sedang Sakit (pexels.com)

Pada bagian ini akan dibahas masalah: bagaimana cara dan rasanya para penderita mengalami sakitnya; dan faktor-faktor psikis apa yang mengakibatkan timbulnya suatu penyakit, atau mengakibatkan gangguan terhadap proses penyembuhan suatu penyakit.

Penyakit adalah gangguan adaptasi yang progresif (Prof. DR P.C. Kuiper, 1973). Penyakit adalah terganggu atau tidak belangsungnya fungsi-fungsi psikis dan fisis; yaitu ada kelainan dan penyimpangan yang mengakibatkan kerusakan dan bahaya pada organ atau tubuh, sehingga bisa mengancam kehidupan.

Orang disebut sakit apabila dia mengalami kelainan atau penyimpangan yang mengakibatkan kerusakan dan bahaya organ atau tubuh, dan bisa mengancam kehidupannya.

Gangguan-gangguan pada fungsi suatu organisme biasanya mengakibatkan perubahan-perubahan dalam substansi (materi) dari organisme. Substansi, fungsi, kemudian perubahan-perubahan dalam substansi dan gangguan-gangguan dalam fungsl, semuanya erat berkaitan satu sama lain.

Baca Juga: Tips Menghadapi Permasalahan Emotional Sponge

Penyebab Sakit Fisik

Penyebab Sakit Fisik
Ilustrasi Orang Sedang Sakit (pexels.com)

Gangguan fisik bisa disebabkan oleh bakteri, virus, radang, luka-luka, dan seterusnya yang organis sifatnya. Namun gangguan fisik ini juga bisa disebabkan oleh faktor-faktor psikis.

Contohnya, perasaan-perasaan, terutama konflik-konflik perasaan, bisa menyebabkan timbulnya penyakit jasmaniah maupun rohaniah, atau bisa menghambat proses kesembuhan suatu penyakit. Juga ketegangan - ketegangan psikis yang kronis bisa menimbulkan macam-macam penyakit; misalnya: penyakit lambung, hipertensi dan tumpat jantung (barinfarct).

Betapa banyaknya orang pergi ke dokter dengan macam-macam keluhan sakit, namun tanpa menderita suatu penyimpangan jasmaniah, atau tanpa satu gangguan fungsi jasmaniah. Mereka selalu lesu, Ielah, gelisah-resah, tidak bisa tidur, cemas, pusing-pusing, sering ingin muntah, menderita gangguan perut, merasakan detak-detak yang aneh pada jantung, merasa impoten secara seksual, dan lain sebagainya.

Maka gangguan psikis sedemikian itu pada umumnya disebabkan oleh: (1) konflik-konflik batin sendiri, dan (2) kondisi-kondisi sosial yang sangat sulit, lingkungan sosial yang sangat tidak menguntungkan, dan tidak bisa diatasinya.

Baca Juga: Gangguan Obsesif Kompulsif

 

 

Referensi Bacaan:

Alisjahbana, Anna. M, Sidharta; dkk. 1977. Menuju Kesejahteraan Jiwa. Jakarta: PT Gramedia.

Kartono, Kartini. 2014. Patologi Sosial 3: Gangguan-gangguan Kejiwaan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Widakdo, Giri. 2013. Efek Penyakit Kronis Terhadap Gangguan Mental Emosional. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional. Vol. 7, No. 7.


Posting Komentar untuk "Pengertian Sakit Dan Penyakit Gangguan Fungsi Psikis"

Ikuti via email