Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan di Pagi Hari

Initentangpsikologi.com - Apakah kamu tahu jika 10 menit pertama ketika kamu terbangun di pagi hari itu sangat penting? Maksudnya apa yang kamu lakuin dalam 10 menit itu? Hal itu sangat berpengaruh terhadap kulitas hidup kamu selama seharian penuh loh! Ngga cuma sehari itu aja sih, tapi bisa menentukan kualitas masa depanmu juga. Hayo, pas baru bangun apa yang dilakuin?

Hal yang Harus Kamu Lakukan di Pagi Hari
Ilustrasi Orang Setelah Bangun Tidur (pexels.com)

Nah, sebenarnya hal apa sih yang seharusnya dilakukan saat baru bangun di pagi hari? Kebetulan saya baru nonton video motivasi dari Merry Riana, dan pembahasannya mengenai hal yang harus dilakukan di pagi hari. Jadi, berikut ini saya sampaikan ulasan 5 hal yang harus kamu lakukan di pagi hari yang saya rangkum dari video tersebut.

Bersyukur

Ya ini sih ngga usah ditanya ya! Karena saat kamu terbangun dari tidur di pagi hari, artinya kamu masih diberikan kesempatan untuk menjalani kehidupan hari itu. Maka, hal pertama yang harus kamu lakukan ya bersyukur, syukur atas kesempatan yang tidak semua orang bisa dapatkan tentunya.

 

Jadi, kalo baru bangun tidur jangan lupa bersyukur ya! Jangan malah buka handphone terus ngecek whatsapp barangkali ada chat. Emangnya ada orang yang nge-chat kamu, hehehe :D

 

Lagian ya, kalopun ada yang chat tapi kamu ngga bangun lagi dari tidur di hari itu mau apa coba? Inget ya! hal pertama yang harus kamu lakukan di pagi hari adalah “Bersyukur”, saya pun adakalanya sering lupa juga :) yo mulai dari sekarang biasakan melakukan ini saat baru bangun.

Bersyukur
Ilustrasi (pexels.com)

Mungkin kamu ada yang mikir emang apa sih yang bisa di syukuri pagi ini? Baru juga bangun! Emang bakal ngejamin kalo seharian itu bakal enak-enak aja, ngga ada kejadian-kejadian buruk. Ya kembali lagi seperti yang sudah disinggung diawal si, dengan kamu bangun aja itu sudah menjadi nikmat luar biasa. Tapi selain hal tersebut sebenarnya masih banyak hal lain yang tanpa kamu sadari bisa kamu syukuri.

 

Ketika kamu terbangun dengan mudahnya kamu bernapas, maka ingatlah bahwa diluar sana banyak orang yang bernapas dengan bantuan tabung oksigen. Ketika kamu mengaluh akan pekerjaan yang memberatkan, maka ingatlah bahwa diluar sana banyak orang yang menganggur karena sulitnya mencari pekerjaan.

 

Intinya, sekecil apapun hal yang kamu miliki saat ini syukurilah, karena banyak orang diluar sana yang mengharapkan berada di posisi kamu namun tidak bisa. Karena hidup ini bukan untuk kamu tangisi, bukan untuk kamu sesali melainkan untuk kamu syukuri, ea...... :)

Baca Juga: Tips Menghindari Pikiran Negatif yang Sering Muncul

Energi Positif

Mengumpulkan Energi Positif
Ilustrasi (pexels.com)

Hal yang harus kamu lakukan di pagi hari selanjutnya adalah mengumpulkan energi positif yang banyak. Sudah jelas ya kalau energi ini sangat berpengaruh terhadap hidup kamu, dan energi ini berhubungan erat loh sama rezeki. Kalau energinya besar nanti rezekinya juga akan besar.

 

Ya ibaratnya kamu berjualan bubur atau nasi atau apalah yang biasa untuk sarapan di pagi hari, tapi energi kamu sedikit banget jadi males-malesan, hasilnya jam 7 kamu baru gelar lapak! Kalo weekend si jam segitu masih pagi, hehehe. Tapi kalo hari kerja ya orang-orang udah pada minggat ke kantor, yang masih jadi pelajar udah nongkrong di sekolahnya.

 

Jadi energi ini menentukan ya, kalo besar rezeki besar, kalo kecil rezeki kecil. Saya ibaratkan lagi nih dalam dunia sepak bola, misal Ronaldo atau Messi dimainkan dari menit awal dibanding dengan dimainkan di masa injury time (tambahan waktu), kira-kira kesempatan mereka cetak gol besar mana? Ya tentu besar saat mereka main dari menit awal, meskipun ada kemungkinan bisa mencetak gol di masa tambahan waktu, tapi kemungkinannya ya kecil banget.

 

Oh iya, ada pepatah kuno juga tuh “Jangan bangun siang-siang nanti rezekinya dipatok ayam”. Nah maksud dari pepatah tersebut ya jangan malas-malasan tiduran mulu, ayo wake up! Kumpulin energi buat aktivitas hari ini.

 

Jadi sebelum beraktivitas kamu harus tentukan energi apa yang kamu pilih. Entah optimis, ceria, bahagia, semangat, atau apapun itu asalkan yang positif ya. Energinya besar kalau negatif ya ngga ada untungnya juga, masa pagi-pagi kamu udah ngumpulin energi besar buat marah-marah, buat nge-bully, energi kaya gitu mah malah harus dikecilin jangan dibanyakin.

Baca Juga: Bukan Asal Ngomong! Ini Tips Menjadi Motivator Menurut Merry Riana

No Snooze (Jangan Tunda Bangun Tidur)

Buat klean-klean yang pasang alarm jangan cuma dijadikan formalitas doang ya, begitu bunyi di matiin. Ibaratnya kamu udah memberi kesempatan ke someone, eh pas dia udah berjuang kamu malah bodoamat. Kan a..... ah sudahlah! Jadi, hal yang harus kamu lakukan di pagi hari pas denger alarm ya bangun.

Jangan Tunda Bangun Tidur
Jangan Tunda Bangun Tidur (pexels.com)

Ketika kamu tahu alarm sudah berbunyi artinya kamu sudah tahu bahwa itu waktunya kamu untuk bangun dan bersiap melakukan aktivitas hari itu. Bukan malah bersiap untuk snooze “bunyikan 10 menit lagi”, pas udah bunyi diset lagi “bunyikan 10 menit lagi” tau-tau udah malem lagi :D

 

Ya memang yang namanya manusia pada dasarnya ngga cuma mempunyai logika (pikiran), mereka juga memiliki perasaan. Jadi, tinggal mana yang paling kuat apakah pikirannya atau perasaannya? Saat alarm berbunyi pikiran tau tuh udah pagi, udah waktunya bangun.


Tapi yang dirasakan masih ngantuk, masih ingin bermesraan dengan bantal dan guling, masih terlalu sayang untuk ninggalin kasur sendirian :) Hasilnya ya alarm bunyi snooze, bunyi lagi snooze.

 

Jangan dibiasain ya! Karena semua berawal dari habit. Ketika kamu terbiasa dengan snooze alarm maka seterurnya bakal gitu-gitu juga. Tapi kalau kamu denger alarm dan langsung bangun meskipun masih ngantuk, lama-lama akan terbiasa dan perasaan ngantuk pas bangun mulai hilang.

 

Kalau di agama islam itu ada perkataan bahwa “segala sesuatu berawal dari niat”. Nah, kata guru saya niat aja itu ngga cukup, adakalanya harus ditambah dengan “memaksa” agar hal itu dapat terwujud. Sama kaya bangun tidur ini, niat pasang alarm agar ngga kesiangan itu belum cukup, tapi perlu memaksa bangun saat alarm itu berbunyi jadi kuncinya.

 

Oh ya, kalau perilaku snooze ini sudah menjadi kebiasaan, nantinya berdampak pada keseharian kamu juga! Akhirnya kamu sering menunda-nunda (procrastinate). Ya, ini berakar dari perilaku menunda-nunda untuk bangun di pagi hari itu. Tanpa kamu sadari, kadangkala hal sederhana seperti ini yang sudah menjadi kebiasaan akhirnya membentuk karakter kamu dan terbawa terus dalam kehidupan kamu nantinya.

Baca Juga: The Science Of Happines: Saat Kebahagiaan Tak Lagi Soal Kekayaan

Merapikan Tempat Tidur

Hal yang harus kamu lakukan di pagi hari berikutnya adalah merapikan tempat tidur. Masih inget kan sama lagu bangun tidur? Itu tuh yang liriknya “Bangun tidur! Tidur lagi!”, eh tunggu bukan yang itu! “Bangun tidur ku terus mandi, tidak lupa menggosok gigi. Habis mandi ku tolong Ibu, membersihkan tempat tidurku!”, nah ini baru bener.

Merapikan Tempat Tidur
Ilustrasi Merapikan Tempat Tidur Setelah Bangun (pexels.com)

Tanpa disadari hal sederhana seperti merapikan tempat tidur sering dilupakan, saya pun merasa sering ngelakuin ini, hehehe. Sampai akhirnya saya mulai mencoba konsisten merapikan tempat tidur dan pada akhirnya menjadi kebiasaan. Karena prinsipnya seperti yang sudah dijelaskan diatas, ketika dibiasakan maka akan kamu lakukan seterusnya, dan pada akhirnya berdampak di kehidupan kamu kedepannya.

 

Kamu akan menjadi orang yang disiplin, rapi, menjaga kebersihan, bertanggung jawab. Ya meskipun terlihat sangat sederhana jangan diremehkan ya. Ingat! Kecil-kecil cabe rawit, cakep.... (maaf-maaf ya! Ini bukan pantun, hehehe), bahkan semut yang kecil pun bisa mengangkat beban 10 kali dari berat tubuhnya. Ya, jangan meremehkan hal kecil!

 

Karena logika aja sih ya, kalau hal kecil macam merapikan tempat tidur saja kamu ngga bisa, bagaimana mau mengerjakan hal lain yang lebih besar?

Baca Juga: Tips Menghadapi Permasalahan Emotional Sponge

Berikan Afirmasi Positif

No debate! Ini penting banget buat diri kamu. Hal yang harus kamu lakukan di pagi hari terakhir adalah afirmasi positif untuk diri sendiri. Ya, seperti yang kamu ketahui bahwa ucapan adalah do’a, apa yang kamu katakan kepada diri kamu akan menjadi sebuah do’a yang membawa kamu bersemangat menjalani hari ini. Katika bangun tidur, mulailah dengan memberikan afirmasi positif untuk diri kamu.

Memberikan Afirmasi Positif
Berikan Afirmasi Positif Untuk Diri Sendiri (pexels.com)

Berikan kata-kata atau sugesti kepada diri sendiri sehingga kamu percaya bahwa apapun yang akan terjadi di hidup kamu ya kamu sudah siap untuk menjalani dan melewatinya.

“Berikan afirmasi positif kepada diri kamu sebagai langkah awal keberhasilan di masa depan” (Merry Riana)

 Itulah ulasan mengenai 5 hal yang harus kamu lakukan di pagi hari saat baru terbangun dari tidur. Jika sudah ada beberapa yang dilakukan maka pertahankanlah dan coba lakukan yang lainnya. Jika belum ada satupun ayo mulai sekarang lakukan, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali kan? :)


Posting Komentar untuk "5 Hal yang Harus Kamu Lakukan di Pagi Hari"

Ikuti via email