Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menghindari Pikiran Negatif yang Sering Muncul

Initentangpsikologi.com - Setiap orang pastinya mempunyai pemikiran negatif dalam dirinya, ya siapapun itu setiap manusia bukan hanya mempunyai pemikiran yang positif saja namun negatif juga. Ya ibaratnya ada manis ada asam, ada kanan ada kiri, ada cewek yang selalu benar dan cowok yang selalu salah, hehehe.

Pikiran Negatif Tidak Baik

Pikiran Negatif Tidak Baik
Pikiran Negatif itu Tidak Baik (pexels.com)

Nah, kita ini kan tahu kalau pikiran negatif ini ngga baik, pikiran negatif ini merugikan, pikiran negatif ini bisa menjatuhkan, sehingga kita harus menghindari pikiran negatif dan membuangnya jauh-jauh. Ya karena namanya juga negatif sih, kalau baik jadinya pikiran positif :)

 

Tapi untuk membuang pikiran negatif ini ngga mudah juga ya, seringkali ketika kita berusaha untuk tidak memikirkan pemikiran negatif yang ada malah justru semakin kepikiran. Pasti kamu pernah kan kaya gini? Saya pun pernah, hehehe.


Ya kalau yang sedang nge-trend saat ini tuh memes orang lagi rebahan dikasur tapi matanya masih melek kemudian ada caption-nya “ngga bisa tidur karena overthinking”.

Baca Juga: Tips Agar Tetap Konsisten Menerima Diri Sendiri Apa Adanya

Jangan Memikirkan Pikiran Negatif

Jangan Memikirkan Pikiran Negatif
Jangan Memikirkan Pikiran Negatif (pexels.com)

Oke, kembali lagi ke pembahasan pikiran negatif. Kira-kira kamu tahu ngga kenapa saat mencoba tidak memikikan justru malah kepikiran? Ya sebenarnya sederhana sih, karena kamu ngga sadar bahwa semakin pikiran negatif itu dilawan justru pemikiran negatif itu akan terus menjadi-jadi. Prinsipnya nih ya:

"Saat kamu mencoba fokus untuk mencurahkan energi dalam pikiran tertentu, ketika kamu terus fight melwan, pikiran negatif itu bukan hilang justru akan semakin tumbuh dan intens."

Ya ibarat kata kamu pengen lupain mantan tapi yang dilakukan adalah mikirin mantan terus, inget-inget kenangan dulu bersama dia, ya gimana mau bisa move on. Coba posisikan mantan sebagai pikiran negatif, maka yang harus kamu lakuin cari hal positif misal main bareng temen-temen tongkrongan yang sering kamu abaikan pas pacaran dulu.

 

Intinya sih, apa yang kamu fokuskan itulah yang akan tumbuh dan semakin intens. Fokus pada pikiran negatif maka pikiran negatif menjadi-jadi!

Tips Menghindari Pikiran Negatif

Nah, terus kalau begitu bagaimana cara untuk menghindari pikiran negatif? Pada dasarnya pikiran negatif ini tidak bisa dihilangkan tapi bisa digantikan! Kenapa ngga bisa dihilangkan? Ya karena ketika kamu mencoba menghilangkan otomatis dong kamu akan fokus ke hal itu, inget! Kalau semakin fokus maka semakin ......... tau sendiri kan jawabannya, hehehe.

gantikan pikiran negatif dengan pikiran positif
Ganti Pikiran Negatif dengan Hal Positif (pexels.com)

Jadi coba gantikan pikiran negatif dengan pikiran positif, kamu cari kira-kira hal apasih yang bisa membuat kamu tersenyum, tertawa, bahagia, ya intinya yang bisa ngilangin pikiran negatif. Kalau saya sih biasanya nonton video-video komedi gitu, atau nonton bola, main game pou, township, zombie tsunami, dan shopee games, hehehe. Gini-gina saya gamers sejati :D

 

Kamu bisa cari hal-hal posiitif yang bisa membangun dan membuat kamu jadi lebih kreatif, misal kamu kreator youtube ya daripada mikirin hal negatif mending buat konten sekedar review bakso kek, nasi uduk kek, gapapa. Kalau saya sih karena hobinya gambar jadi coret-coret aja buat gambar apa atau apa, yang penting saya ngga mikirin pikiran negatif terus.

 

Ya prinsipnya sih hampir sama dengan yang saya contohkan diatas perihal move on dari mantan. Alihkan fokus pada hal yang bikin kamu bahagia, di momen seperti itu biasanya teman yang bisa menghibur kamu sehingga pikiran kepada mantan bisa tergantikan.

 

Jadi kamu coba sediakan hal-hal apa yang bisa buat kamu tersenyum dan bahagia supaya kamu bisa menghindari pikiran negatif yang sering muncul langsung dan ganti dengan hal positif. Kalau saya tadi macam main game pou, dan lainnya, kemudian video-video stand up comedy selalu ada di handphone saya atau peralatan menggambar di meja, ketika pikiran-pikiran aneh mulai bermunculan langsung tuh tonton video atau main game atau menggambar.

Baca Juga: 8 Tips Meningkatkan Self Acceptance dan Bangga Menjadi Diri Sendiri

Cari Hal Positif yang Membuat Kamu Tersenyum

Cari Hal Positif yang Membuat Kamu Tersenyum
Cari Hal Positif yang Bisa Membuat Kamu Senyum (pexels.com)

Masing-masing orang tentu ada perbedaan berkaitan dengan hal yang bisa membuatnya tersenyum atau bahagia. Jadi silahkan bisa kamu cari apa itu! entah musik, game, quotes atau apalah dan usahain stand by disekitaran kamu, lebih mudah si emang yang di handphone karena kemana-mana dibawa terus.

 

Intinya hal-hal sederhana seperti itu bisa menghindari pikiran negatif. Termasuk juga ya dengan apa yang kamu lakukan saat membaca artikel ini sampai selesai :)

 

Jadi, hal positif apa yang akan kamu lakukan hari ini? Pada dasarnya:

“Tidak semua hari baik tapi selalu ada yang baik setiap harinya” (Merry Riana)
 

Posting Komentar untuk "Tips Menghindari Pikiran Negatif yang Sering Muncul"

Ikuti via email