Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Komunikasi Kelompok

Initentangpsikologi.com - Kelompok adalah sekumpulan orang yang mempunyai tujuan bersama yang berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama, mengenal satu sama lainnya, dan memandang mereka sebagai bagian dari kelompok tersebut (Deddy Mulyana, 2005).


Kelompok ini misalnya adalah keluarga, kelompok diskusi, kelompok pemecahan masalah, atau suatu komite yang tengah melakukan rapat untuk mengambil suatu keputusan. 

Pengertian Komunikasi Kelompok
Pengertian Komunikasi Kelompok (pexels.com)

Menurut Walgito Komunikasi kelompok terdiri dari dua kata yaitu komunikasi dan kelompok, komunikasi dalam bahasa inggris adalah communication yang berasal dari kata latin dengan kata sama communication, dan bersumber dari kata communis yang berarti sama, atau maksudnya menyamakan suatu makna.

Sedangkan kelompok (Hariadi, 2011) kelompok dapat dipandang dari segi presepsi, motivasi, tujuan, interdependensi, dan juga dari segi interaksi. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian komunikasi kelompok adalah menyamakan suatu makna didalam suatu kelompok. 


Menurut Abraham Maslow, pengertian kelompok agar lebih jelas, diawali dengan proses pertumbuhan kelompok itu sendiri. Individu sebagai mahluk hidup mempunyai kebutuhan (Santosa, 2009), yakni adanya:
1. Kebutuhan fisik;
2. Kebutuhan rasa aman;
3. Kebutuhan kasih sayang;
4. Kebutuhan prestasi dan pretise; serta
5. Kebutuhan untuk melaksanakan sendiri.

Dengan kebutuhan tersebut sehingga komunikasi kelompok berarti menyamakan makna dalam satu kelompok. Komunikasi kelompok menyamakan suatu makna secara bersamaan, saling mempengaruhi satu sama yang lain untuk mencapai tujuan kelompok secara bersamaan.

Pengertian komunikasi menurut Michael Burgoon Dan Michael Ruffner (dalam komala, 2009): komunikasi kelompok sebagai interaksi tatap muka dari tiga atau lebih individu guna memperoleh maksud dan tujuan yang dikehendaki seperti berbagi informasi, pemeliharaan diri atau pemecahan masalah sehingga semua anggota dapat menumbuhkan karakteristik pribadi anggota lainnya dengan akurat. 

Empat elemen yang tercakup dalam definisi tersebut adalah interaksi tatap muka, jumlah partisipan yang terlibat dalam interaksi, maksud dan tujuan yang dikehendaki, kemampuan anggota untuk dapat menumbuhkan karakteristik pribadi anggota lainnya.

 

Daftar Pustaka:
(1) Rakhmat, Jalaludin. 2009. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 
(2) Tutiasri, Ririn, Puspita. 2016.  “Komunikasi dalam komunikasi kelompok” Vol. 4, No. 1 (hal. 81-90). Yogyakarta: Program Studi Ilmu Komunikasi. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.
(3) Fajar, Marhaeni. 2009. Ilmu Komunikasi: Teori & Praktik. Universitas Mercu Buana.

Posting Komentar untuk "Pengertian Komunikasi Kelompok"

Ikuti via email