Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

3 Tipe Kelompok Menurut Para Ahli

Initentangpsikologi.com - Kelompok terbagi dalam tiga tipe, yaitu kelompok belajar (learning group), kelompok pertumbuhan (growth group), dan kelompok pemecahan masalah (problem solving group). Penjelasan ketiga tipe kelompok itu adalah sebagai berikut: 

tipe kelompok
(pexels.com)

a. Kelompok Belajar (Learning Group)

Kata belajar atau learning, tidak tertuju pada pengertian pendidikan di sebuah lembaga seperti sekolah saja, namun juga termasuk belajar dalam kelompok (learning group) seperti kelompok atlet bulutangkis, kelompok keterampilan, termasuk juga kelompok atau komunitas sepedaan.

Komunitas sepedaan termasuk dalam kelompok belajar, karena memang komunitas sepedaan adalah tempat untuk belajar bersama mengenai teknik bersepeda, belajar mengenai jenis-jenis sepeda, teknik merakit sepeda sendiri, dan lain sebagainya. Dari bertukar fikiran sampai informasi antar anggota satu sama lainnya.

Tujuan utama adanya tipe kelompok “learning group ini adalah meningkatkan informasi, pengetahuan, dan kemampuan dari para anggota grup

b. Kelompok Pertumbuhan (Growth Group)

Tipe Kelompok pertumbuhan memusatkan perhatiannya kepada permasalahan pribadi yang dihadapi para anggotanya. Wujud nyata dari kelompok ini adalah kelompok bimbingan penikahan, kelompok konseling psikologi, kelompok terapi, serta kelompok yang memusatkan aktivitasnya kepada penumbuhan kepercayaan diri.

Karakteristik dari kelompok ini adalah tidak mempunyai tujuan kolektif yang nyata, dalam arti bahwa seluruh tujuan kelompok diarahkan kepada usaha membantu para anggotanya mengidentifikasi dan mengarahkan mereka untuk peduli dengan persoalan pribadi yang mereka hadapi untuk perkembangan pribadi mereka.

c. Kelompok Pemecahan Masalah (Problem Solving Group)

Tipe kelompok ini bertujuan untuk membantu anggota kelompok lainnya memecahkan masalahnya. Sering kali seseorang tak mampu memecahkan masalahnya sendiri, karena itu ia menggunakan kelompok sebagai sarana memecahkan masalahnya.

Ya, itulah beberapa tipe kelompok menurut para ahli. Kira-kira kamu sudah bergabung di tipe kelompok mana saja? Apa semuanya?


Referensi Bacaan:
(1) Rakhmat, Jalaludin. 2009. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
(2) Tutiasri, Ririn, Puspita. 2016. “Komunikasi dalam komunikasi kelompok” Vol. 4, No. 1 (hal. 81-90). Yogyakarta: Program Studi Ilmu Komunikasi. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.
(3) Fajar, Marhaeni. 2009. Ilmu Komunikasi: Teori & Praktik. Universitas Mercu Buana.

Posting Komentar untuk "3 Tipe Kelompok Menurut Para Ahli"

Ikuti via email