Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Apa Itu Stres? Dan Bagaimana Cara Mengatasi Stres?

Initentangpsikologi.com - Di era sekarang banyak masyarakat yang mengalami masalah karena munculnya modernisasi, Banyak sekali tuntutan sosial yang meningkat. Ketidak sanggupan diri untuk mmenuhi tuntutan tersebut sehingga dapat menimbulkan stres dalam diri seseorang.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Stres
(pexels.com)
 

Stres dalam kehidupan sehari-hari dapat memberikan rasa nyaman maupun tidak nyaman dalam kehidupan sehari-hari. Stres yang membuat kita merasa nyaman dapat kita manfaatkan sebagai pendorong untuk maju dalam kehidupan kita. Sebaliknya dengan stres yang membuat tidak nyaman maka akan menimbulkan kecemasan, gelisah , gangguan fisik maupun mental serta dapat juga berakhir dengan kematian (bunuh diri).

Namun tidak selamaya stres membuat orang menjadi tidak waras, karena ada beberapa tingkatan stres. Selama individu mengalami stres yang ringan ia hanya akan sering untuk berfikir dan berusaha memecahkan masalahnya yang membuat stres. Namun juga tidak menutup kemungkikan jika saat ini banyak orang yang sedang mengalami stres.

Apa Itu Stres?

Stres merupakan perasaan terganggu, merasa teancam dan merasa terusik yang timbul pada diri kita dari faktor luar atau faktor lingkungan seseorang. Tidak semua stres yang timbul pada diri kita menjadi negatif. Stres juga merupakan salah satu bagian penting untuk defense mechanism pertahanan hidup kita. Namun jika stres yang berlebihan akan menimbulkan distress (stres yang tidak baik) dan gangguan klinis.

Stres terjadi karena kita mempersepsi tekanan yang kita punya untuk menghadapi tekanan tersebut. Ketika kita yakin masih bisa menahan tekanan yang terjadi pada diri kita maka rasa stres tersebut belum terasa nyata. Tetapi tekanan tersebut akan bertambah besar.

Apabila tekanan tersebut bertambah besar baik dari stressor (hal yang memicu munculnya stres) yang sama atau dari stressor yang lain secara bersaman maka cekaman menjadi nyata, kita kewalahan dan merasakan stres.

Baca Juga: Cara Mengatasi Stres yang Benar dengan Metode Coping

Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Stres

Lingkungan: keadaan lingkungan yang tidak selalu sesuai dengan apa yang kita mau, karena dilingkungan banyak hal yang positif dan negatif. Apabila kita tidak dapat menyesuaikan terhadap diri kita maka akan menimbulkan rasa cemas, rasa insecure pada diri kita. Kemudian hal inilah yang dapat menimbulkan stres.

Diri sendiri: salah satu faktor stres juga karena diri kita sendiri, salah satunya kebutuhan psikologis yaitu tuntutan terhadap atau keinginan yang ingin dicapai.

Pikiran: yaitu tentang penilaian individu terhadap lingkungan dan pengaruhnya pada diri dan persepsinya terhadap lingkungan.

Bagaimana Cara Mengatasi Stres?

a. Selalu berusaha mempertahankan keadaan seimbang pada diri kita. Sehingga jika terjadi keadaan yang tidak seimbang maka akan ada usaha mengembalikannya pada keadaan seimbang.

b. Proses Coping terhadap Stres.

c. Dengan fantasi, rasionalisasi, identifikasi, represi, regresi, proyeksi, penyusunan reaksi (reaction formation), sublimasi, kompensasi, digantikan (displacement).

Kesimpulan

Stres merupakan salah satu kecemasan ataupun perasaan takut yang muncul pada diri kita, entah itu secara tiba-tiba ataupun tidak. Stres bisa muncul kapan saja pada diri kita. Saat kita merasa lelah terhadap semua hal yang ada pada diri kita itu dapat memicu tubuh kita merasa stres. 

Banyak faktor yang membuat diri kita stres, entah itu masalah pekerjaan, keluarga, teman, maupun pasangan. Dan juga bisa stres terjadi karena dalam diri kita sendiri, ketika lingkungan tidak bisa kita samakan dengan kemampuan yang kita miliki pada diri kita sendiri.

Tidak semua stres akan menggangu kondisi kejiwaan kita, karena stres tingkatanya berbeda-beda. Ketika kita masih bisa mengontrol tekanan yang muncul pada diri kita itu masih termasuk ke dalam stres yang ringan. Apabila kita sudah tidak bisa mengontrol diri kita maka perlu untuk berkonsultasi kepada psikolog ataupun dokter jiwa.


Penulis: Ikhda Arum Wininggar, 1707016003, Prodi Psikologi, Kelompok 103

Posting Komentar untuk "Apa Itu Stres? Dan Bagaimana Cara Mengatasi Stres?"

Ikuti via email