Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Manfaat Humor pada Bayi dan Balita

Initentangpsikologi.com - Humor tidak hanya bermanfaat bagi orang dewasa saja, namun bagi bayi atau balita pun banyak manfaatnya. Kira-kira apa saja manfaatnya, simak ulasannya di bawah ini.


Manfaat Humor pada Bayi dan Balita
(pexels.com)

1. Meningkatkan Kecerdasan

Anak yang memiliki rasa humor yang tinggi biasanya akan lebih mudah membaur dengan lingkungan sekitarnya. Selain itu, ia akan lebih disukai oleh teman-teman sebayanya maupun oleh orang dewasa. 

Hal tersebut dikarenakan anak yang memiliki humor tinggi biasanya akan dapat mengubah suasana yang semula tegang menjadi lebih cair atau menyenangkan sehingga dapat membuat hati orang yang berada di sekitarnya merasa lebih bahagia. 

Tindakan, omongan dan keriangan dari anak dapat menjadi penghibur alami serta dapat menghadirkan senyum yang indah serta tawa yang sehat.

Baca Juga: Manfaat Bermain Bagi Perkembangan Anak

2. Mempererat Ikatan Batin

Ikatan batin ini dapat dirasakan oleh anak saat berusia 1 tahun. Ikatan batin ini akan terjadi antara anak pada orang tua, saudara, guru ataupun orang-orang sekitarnya. Pada saat tertawa bersama anak-anak kita akan merasakan ikatan dengan anak. 

Kita akan merasa lebih dekat, dan lebih menyayangi mereka. Cobalah untuk bergabung pada anak dan ajaklah mereka bercanda dengan hal-hal yang lucu dan menyenangkan sehingga ia bisa tertawa dan merasa dekat dengan kita.

Baca Juga: Humor pada Bayi dan Balita

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain memiliki manfaat meningkatkan kecerdasan dan mempererat ikatan batin, humor juga dapat membuat bahagia. Selain itu semua humor juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat menjaga kesehatan fisik dan mental. Dengan tertawa ternyata dapat meningkatkan imun didalam tubuh. 

Ketika tertawa sistem kekebalan tubuh, pembuluh darah jantung, tulang maupun otot ikut bekerja secara aktif. Fungsi dari sel-sel tersebut ternyata dapat bertindak sebagai pembunuh stress alami sehingga sistem kekebalan tubuh pun meningkat.

 

Penulis : Shofwatul Millah (1707016100)

Posting Komentar untuk "Manfaat Humor pada Bayi dan Balita"

Ikuti via email