Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Kelola Pikiran untuk Hindari Stres

Initentangpsikologi.com - Tips Kelola Pikiran untuk Hindari Stres - Stres merupakan hal yang sering tejadi dan banyak dialami oleh semua orang. Banyak faktor yang mempengaruhi timbulnya stres diantaranya yakni tekanan sosial, faktor lingkungan bahkan juga faktor yang timbul dalam diri sendiri.

Tips Kelola Pikiran untuk Hindari Stres
Ilustrasi traveling untuk menghilangkan stres (pexels.com)

Stres adalah reaksi seseorang baik secara fisik maupun secara emosional yang dapat terjadi apabila terdapat rangsangan dari dalam diri sesorang ataupun dari luar diri seseorang.

Stres merupakan bagian penting yang secara alami dapat terjadi dalam kehidupan seseorang. Di lain sisi stres juga dapat berlangsung lama dan dapat merusak kesehatan. Setiap orang memberikan respons terhadap stres dengan cara yang berbeda-beda. Meskipun stres dapat membantu menjadi lebih waspada dan dapat menjadi antisipasi ketika dibutuhkan, namun stres juga dapat menyebabkan gangguan emosional dan fisik.

Dampak dari Stres

Dampak yang ditimbulkan dari stres ini bermacam-macam, ada yang dapat memberikan dampak baik adapula yang memberikan dampak buruk terhadap tubuh. Dampak baik yang ditimbulkan dari stres ini dapat berupa semangat untuk lebih memperbaki diri.

Sedangkan dampak buruk stres yang umumnya terjadi pada tubuh, antara lain: otot terasa tegang, jantung berdegup kencang, dan napas yang semakin cepat. Hal ini terjadi karena stres mengaktifkan respons "fight or flight" pada tubuh. Hormon akan memberi tahu tubuh untuk siap menghadapi atau melarikan diri dari suatu kondisi yang menyebabkan stres.

Jika hal tersebut terjadi terlalu sering, kondisi tersebut dapat digolongkan sebagai stres kronis yang dapat menganggu bagian-bagian tubuh dan kesehatan seseorang secara keseluruhan. 

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi Covid-19

Ciri Orang yang Mengalami Stres dan Cara Mengatasi Stres dengan Benar

Ciri-ciri orang yang sedang mengalami stres yakni ditandai dengan perasaan gelisah, mudah marah, kesepian, frustasi, sulit berpikir rasionalis, overthinking, dan semacamnya. Kondisi seperti ini bisa terjadi kapan saja dan bisa dialami oleh siapa saja.

Stres tidak dapat dihindari namun stres dapat diatasi dengan cara yang tepat. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengelola stres dengan tepat:

1. Mengalihkan Stres Menjadi Hal Positif

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk mengelola stres dengan baik adalah dengan mengalihkan stres tersebut dengan hal-hal yang positif seperti melakukan hobi yang disukai, berolahraga, traveling, dan lainnya.

2. Mengeluarkan Semua Keluh Kesah yang dialami

Langkah selanjutnya adalah dengan mengungkapkan semua keluh kesah, unek-unek yang dialami. Memendam perasaan seorang diri dapat menambah beban dan membuat stres semakin parah. Kita dapat mengutarakan keluh kesah yang dialami dengan bercerita langsung kepada seseorang yang kita percaya ataupun dengan menulis dalam buku harian.

Selain itu, kita juga dapat berkonsultasi dengan psikolog jika diperlukan. Dengan melepaskan keluh kesah serta unek-unek yang selama ini berada dalam pikiran kita, itu akan membuat diri kita lebih baik dan pikiran juga menjadi jernih.

3. Meditasi

Meditasi dapat dilakukan untuk mengatasi stres dan juga menenangkan pikiran. Meditasi ini dapat dilakukan dengan melakukan olahraga seperti yoga. Selain termasuk dalam salah satu jenis olahraga, yoga juga mengajarkan banyak mengenai pengelolaan tubuh dan pikiran. Yoga juga dapat menjadi suatu meditasi dalam menenangkan jiwa.

4. Selalu Jaga Diri

Mengonsumsi makanan yang sehat bergizi seimbang juga merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengelola stres. Selain itu, mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang juga dapat membantu otak untuk memenuhi kebutuhan.

5. Istirahat yang Cukup

Manfaatkan waktu dengan baik, istirahatkan diri dan pikiran. Terlalu memforsir diri dengan beban pikiran akan membuat stres menjadi semakin parah. Tidur yang cukup juga dapat membantu menenangkan tubuh dan menjaga otak agar tetap bekerja dengan baik sesuai porsinya.

6. Hindari Mengonsumsi Alkohol

Menghindari minuman beralkohol merupakan salah satu cara tepat yang dapat dilakukan untuk mengelola stres dengan baik. Alkohol dapat membuat kita mabuk.

Setiap orang memiliki cara yang unik dan berbeda-beda dalam mengatasi dan melawan stres. Beberapa cara di atas dapat dilakukan untuk membantu meringankan beban pikiran. Jika dirasa sulit untuk melakukan semuanya, kita dapat memilih satu atau dua cara yang menurut kita paling efektif dan nyaman untuk dilakukan. 

Lakukan hal tersebut secara rutin hingga menjadi suatu kebiasaan. Apabila tingkat stres berada di luar kemampuan diri dan sulit untuk dikendalikan maka konsultasikan dengan dokter, psikiater, atau psikolog.

 

Penulis: Septiyana Ayu

Posting Komentar untuk "Tips Kelola Pikiran untuk Hindari Stres"