Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Situasi Sosial Kelas Bawah dan Kelas Atas

Situasi Sosial Kelas Bawah dan Kelas Atas
Ilustrasi (pexels.com)

Situasi Sosial Kelas Bawah

Situasi sosial akan sangat berpengaruh pada keadaan interaksi antar individu di dalamnya. Kepentingan dari interaksi sendiri untuk menyempurnakan gesekan yang memberikan manfaat sebagai proses pembelajaran dalam mempengaruhi satu sama lain.

Lipset (2007), terbentuknya cara pandang dalam masyarakat kelas bawah dipengaruhi banyak faktor; yang mencakup di dalamnya ialah pendidikan rendah, partisipasi dalam politik dan organisasi-organisasi suka rela yang rendah, kurang membaca, posisi pekerjaan yang terisolasi, tingkat ekonomi rendah dan terdapatnya pola-pola otoriterisme dalam keluarga.

Baca Juga: Lapisan Masyarakat dalam Era Global

Cara Pandang Kelas Bawah

Cara pandang digunakan untuk mengamati kenyataan dalam menentukan sesuatu berdasarkan pengetahuan yang didapatkan.

Kelemahan dari masyarakat kelas bawah adalah pandangan mereka tentang hidup yang cenderung pasrah pada keadaan yang menimpa mereka dengan segala keterbatasannya.

Untuk meningkatkan kualitas hidup mereka membutuhkan pemberdayaan komunitas yang memadai sebagai bentuk nilai tawar penyadaran untuk kehidupan yang lebih baik.

Ketika masyarakat memiliki kesadaran hidup baik, maka akan mudah tercipta suatu komunitas yang kreatif dan inspiratif dalam menghadapi hidup.

Perubahan sistem masyarakat tertutup menjadi masyarakat terbuka serta berubahnya tatanan dunia baru menuju era globalisasi menyebabkan berubahnya paradigma pembangunan pada negara-negara berkembang.

Perubahan fungsi pemerintah sebagai fasilitator memberikan kesempatan yang luas kepada masyarakat untuk berkembang sesuai dengan usaha dan kemampuan mereka dalam mengelola kesempatan menjadi keuntungan.

Soekanto (1995), kalau kita melihat secara garis besar, ada yang menerima dan ada yang menolak perubahan tersebut. Terdapat faktor-faktor yang mendorong jalannya perubahan, yaitu:

a) Kontak dengan kebudayaan lain;

b) Sistem pendidikan formal yang maju;

c) Sikap menghargai hasil karya seseorang dan keinginan-keinginan untuk maju;

d) Toleransi terhadap perbuatan-perbuatan yang menyimpang (deviation); 

e) Sistem terbuka lapisan masyarakat;

f) Penduduk yang heterogen;

g) Ketidakpuasan masyarakat terhadap bidang-bidang kehidupan tertentu;

h) Orientasi ke masa depan;

i) Nilai bahwa manusia harus senantiasa berusaha untuk memperbaiki hidupnya.

Baca Juga: Wajah Komunitas dalam Struktur Kemasyarakatan

Status Sosial Kelas Atas

Masyarakat sosial kelas atas justru selalu mencari cara untuk mempertahankan dan menambah kekayaan mereka. Hal itu dilakukan dengan membuka bisnis dan usaha baru, menambah ilmu, dan menerapkan target-target baru untuk dicapai.

Masyarakat kelas atas dinilai mendominasi semua sumber daya yang ada di lingkungan sekitar dengan segala kekayaan dan kekuasaan yang mereka miliki.

Adapun tantangan bagi masyarakat kelas atas ialah menyeimbangkan perubahan gaya hidup dan pengelolaan keuangan untuk persiapan keuangan di masa depan.

 

Penulis: Mega Pungki K.S (1707016019)

Posting Komentar untuk "Situasi Sosial Kelas Bawah dan Kelas Atas"

Berlangganan via Email