Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Alat Permainan Edukatif Indoor dan Outdoor

Initentangpsikologi.com - Bentuk dan alat permainan tentu ada berbagai macam. Jika ditinjau dari letaknya, Alat Permainan Edukatif (APE) dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu APE indoor dan APE outdoor.

Alat Permainan Edukatif Indoor dan Outdoor
Ilustrasi (pexels.com)

Kedua jenis permainan tersebut sangat dibutuhkan sebagai media untuk menstimulasi perkembangan anak.

Pengertian APE Indoor dan Outdoor

Istilah APE indoor dan outdoor mungkin sudah tidak asing lagi terdengar di telinga. APE indoor adalah alat permainan edukatif yang berada di dalam ruangan. Adapun APE outdoor adalah alat permainan edukatif yang berada di luar ruangan.

Menurut Adang Ismail, APE indoor merupakan sarana atau fasilitas bermain sambal belajar yang dapat digunakan di dalam ruangan, baik ruang sentra maupun ruang kelas yang akan memberi kemudahan kepada anak dalam proses penyampaian tema pelajaran.

Sebaliknya, APE outdoor merupakan sarana atau fasilitas bermain sambal belajar yang berada di luar ruangan. Perbedaan APE indoor dan outdoor, yaitu berada pada penempatan alat permainan edukatif tersebut.

Apabila alat permainan edukatif berada di dalam ruangan disebut indoor dan alat permainan edukatif yang berada di luar ruangan disebut outdoor.

Ciri-ciri APE indoor dan outdoor

Untuk lebih memahami tentang APE indoor maupun outdoor, ada beberapa ciri yang harus diperhatikan, di antaranya sebagai berikut.

Ciri APE indoor

Adapun ciri-ciri APE indoor sebagai berikut:

a. Digunakan di dalam ruangan

APE indoor biasanya digunakan oleh pendidik maupun orang tua sebagai media kegiatan pembelajaran di dalam ruangan. APE ini sangat membantu pendidik maupun orang tua dalam kegiatan sentra.

b. Mudah dibongkar pasang dan dijinjing

APE indoor kebanyakan berupa alat permainan yang bisa dibongkar pasang dan mudah dijinjing, serta dapat dipindahkan ke mana-mana sesuai dengan kegiatan anak. Bahkan APE ini dapat pula diletakkan di atas meja dan dimasukkan ke dalam tas (contohnya puzzle dan balok susun).

c. Berukuran lebih kecil dan ringan

Jika dibandingkan dengan APE outdoor, APE indoor jauh lebih kecil ukurannya dan lebih ringan beratnya. Karena APE indoor bahan dasarnya berupa barang-barang yang ada di sekitar; seperti kayu, kertas, dan plastik.

d. Harga relatif murah

Apabila pendidik maupun orang tua lebih kreatif bisa juga tidak berbayar, karena APE indoor dapat memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar.

e. Menunjang kognitif dan kreativitas anak

APE indoor secara umum lebih mengarah pada pembentukan dan pengembangan kemampuan kognitif dan kreativitas anak.

Ciri APE outdoor

Berikut ini merupakan ciri-ciri APE outdoor:

a. Digunakan di luar ruangan

APE outdoor bisanya digunakan dalam kegiatan pembelajaran bebas di luar ruangan, karena membutuhkan tempat yang sangat luas.

b. Sulit diangkat dan dibongkar pasang

APE outdoor kebanyakan terbuat dari bahan-bahan yang keras dan kuat, sehingga sangat sulit untuk diangkat dan dipindah-pindahkan. Contohnya; ayunan, permainan jungkat-jungkit, perosotan. 

c. Berukuran besar

APE outdoor merupakan bentuk alat permainan untuk kegiatan bermain aktif anak-anak.

d. Harganya relatif mahal

Karena APE outdoor kebanyakan terbuat dari perangkat keras dan kuat, seperti besi.

e. Penunjang fisik-motorik anak

APE outdoor dapat digunakan dalam pengembangan fisik-motorik anak. Hal ini dikarenakan permianan ini lebih menitikberatkan pada fisik dan ketangkasan anak.

f. Membutuhkan tempat yang luas

Karena APE outdoor cenderunng berukuran besar, maka dari itu keluasan tempat sangat mempengaruhi APE outdoor. 

 

Penulis: Anggiet Dian Ayu Noviera (1707016007)

Posting Komentar untuk "Alat Permainan Edukatif Indoor dan Outdoor"